Jumat, 03 Oktober 2008

REKREASI MURAH MERIAH DI YOGYAKARTA

Yogya memang kesohor kemurahan dan keramahannya dibanding di daerah lain di Indonesa. Harga makanan, pakaian dan lain-lain termasuk murah. Dengan 5 ribu rupiah, kita sudah bisa makan kenyang, walau kelas angkringan.
Liburan kali ini, saya mengajak anak-anak untuk liburan murah. Tanpa keluar banyak uang, tapi anak-anak senang.

TAMAN PINTAR YOGYAKARTA
Letaknya cukup strategis, hanya diujung jalan Malioboro. Disini, tidak ada karcis masuk. Artinya, dengan tidak membayar serupiahpun, anak-anak sudah bisa menikmati banyak permaianan. Panjat-panjatan, desaku permai, alat telekomunikasi sederhana, dll. Ada beberapa tempat yang harus menggunakan karcis masuk, tapi itupun realtif murah. Hanya Rp 2.000/ pengunjung anak-anak sudah bisa melihat berbagai percobaan ilmiah, simulator tsunami, simulator gempa, internet gratis dan lain-lain. Pokoknya murah!!!


PANTAI TRISIK
Letaknya sekitar 35 km dari Yogya. Pantainya nyaris mirip dengan parangtritis ataupun glagah. Yang istimewa bagi saya di trisk adalah letaknya yang dekat dengan rumah mertua, juga kita bisa ke tempat pelelangan ikan, kemudian kita bisa bakar atau goreng disitu.Itupun biaya masaknya relatif murah, Hanya Rp 3000.- per kg ikan. Bagi anak-anak, tempat ini istimewa, selain karena dua alasan di atas, juga bisa mengambil sejenis tanaman yang namanya trenggiling, bentuknya panjang-panjang agak tajam, dan jika dibakar bunyinya seperti petasan, pletak-pletok. Sayang waktu kemarin ke Trisik, tanaman itu banyak yang sudah kering, lagipula ketika kita tinggalkan pantai, hari sudah malam.

Saya tak tau persisnya retribusi masuk pantai Trisik, karena nyaris tiap ke Trisik tagihan retribusinya tanpa karcis. Kita hanya disebutkan nominal tertentu. Seperti kemarin, saya dengan suami dan empat anak kecil, "hanya" diminta Rp 3.000.- Itu sudah termasuk retribusi untuk mobil. Alamaaaaak.......murah tenan kan????

ALUN-ALUN SELATAN YOGYAKARTA
Letaknya di selatan keraton Yogyakarta.Setiap sore, ini menjadi arena rekreasi murah meriah. Karena tanpa perlu keluar uang banyak, anak-anak bisa melihat gajah ataupun menyantap jajanan-jajanan murah meriah serta permainan yang disewakan di alun-alun selatan. Sewa permainan hanya berkisar Rp 3.000- Rp 5.000.- Yang termahal adalah sewa andong mini, satu putaran alun-alun selatan Rp 5.000 tapi jika kita 3 kali putaran, maka biaya sewanya hanya Rp 12.000.- Cukup murah kan untuk menyenangkan buah hati tercinta?

Tidak ada komentar: