Senin, 25 Mei 2009

LIBUR PIKNIK


Libur piknik?? Maksudnya apa?Piknik saat libur atau apa? Maksudnya.....kegiatan piknik diliburkan!!! Yah..... 2 bulan menjelang ujian Vansa, pak Yo wali kelasnya sudah wanti-wanti kalau anak-anak harus disiapkan fisiknya menghadapi ujian akhir sekolah. Sebaiknya tidak ada perjalanan ke luar kota atau hiburan yang bisa menguras fisik anak-anak. Dikuatirkan saat ujian tiba, anak-anak kelelahan atau bahkan sakit sehingga tidak bisa mengikuti ujian secara optimal.

Alhasil.....semua harus toleran. Caysa yang biasa paling banyak menuntut untuk piknik, sekarang menahan hasratnya. Kalaupun tak bisa meahan hasrat, ocehan yang keluar: "ma, kapan ya kita jalan-jalan ke........". Selebihnya pemakluman untuk mbak Aya nya yang mengikuti ujian.

Walaupun kegiatan piknik diliburkan, tapi anak-anak masih bisa refreshing, karena di akhir minggu mereka masih bisa "piknik" dalam kota. Dan mereka memilih ke mall untuk makan dan mencari buku bacaan.

Vansa yang lagi mengikuti ujian justru mencari buku yang banyak, karena hari-harinya sudah tidak diisi belajar lagi. Vansa tidak kami bebankan untuk belajar, tapi justru dibiarkan rileks, dan rileksnya Vansa adalah membaca. Alhasil saat mendekati ujian koleksi buku bacaannya semakin bertambah, bukan tak membaca apa-apa. Bagi kami, Vansa sudah cukup mempersiapkan diri jauh hari sebelum ujian, dan jika saat ujianpun masih harus dipaksa belajae, kasian. Vansa sudah tahu sendiri kesiapannya, dan itu kami percayakan sepenuhnya pada Vansa.

Hanya, di sela-sela waktu refreshingnya, Vansa dengan kesadaran sendiri akan membuka buku untuk sedikit mengulang pelajaran. Selebihnya betul-betul diisi dengan membaca buku. Akhir-akhir ini Vansa senang dengan buku-buku terbitan Mizan, KKTK (Kecil Kecil Punya Karya), komik dan beberapa buku cerita saduran.

Caysa sendiri sangat memaklumi, walau kadang keusilan dam keisengannya masih dominan. Tapi toleransi "libur piknik", tetap ditaati. Makanya, untuk mengurangi kebosanannya, di hari libur ada acara ke pasar dan memasak bareng. Lumayan juga.....jika sudah dari pasar dan masuk dapur, kadang selesainya saat waktu menjelang dhuhur. Fisik sudah lelah sehingga keinginan untuk piknik yang menguras energipun lenyap.

Abil senang-senang saja, karena dengan demikian kegiatan basket dengan teman-temannya tidak terganggu dengan jadwal piknik seperti biasanya. Abil bebas mengatur waktu dengan teman-temannya. Bahkan waktu acara ultahnya pun tak terlalu dipermasalahkan walau tidak saat itu juga dirayakan (16 Mei), karena saat-saat itu Abil sibuk dengan team basketnya.

Moga-moga waktu "libur piknik" segera berlalu, dan kami bisa berlibur bersama anak-anak kembali....anien.................

Tidak ada komentar: