Minggu, 03 Mei 2009

Hari Mohon Doa Restu



Ada acara yag telah menjadi tradisi di SDM Sapen setiap menjelang anak-anak mengikuti Ujian Akhir Nasional, yaitu acara mohon doa restu. Tradisi yang sangat baik, karena semua orang tua serta anak-anak berkumpul di mesjid, kemudian saling mohon doa, antara anak ke guru dan orang tua, antara orang tua ke sekolah. Rasanya sangat haru, karena kita semua orang tua, duduk bersama, mendoakan anak-anak kita supaya mendapatkan hasil terbaik pada saat ujian nasional.

Tak terasa, 5 tahun telah menghantarkan Vansa untuk sampai ujian akhir SD. Masih teringat 5 tahun yang lalu, saat Vansa mengikuti tes masuk SDM Sapen. Saat melangkah menuju ruang tes,ada terbersit rasa ragu: "Ma, mbak Aya bisa gak ya?". Itu pertanyaan yang muncul, keluar dari hati yang cemas. Saya hanya pegang dan mencium tangannya: "Mbak Aya pasti bisa, yakin itu".Dan alhamdulillah Vansa bisa diterima di SDM Sapen.

Waktu berjalan, dan Vansa tak perlu 6 tahun untuk menyelesaikan sekolahnya. Karena Vansa lulus penyaringan untuk kelas akselerasi.Cukup 5 tahun Vansa di SD. Dengan konseuensi waktu belajar yang singkat, Setiap tahun ajaran hanya memerlukan 10 bulan, Vansa harus tekun dan disiplin mengatur waktu belajarnya. Dan alhamdulillah karena Vansa memang tekun, semua bisa terlewati dengan baik.

Hari ini, saat kami semua berkumpul, saat kami berdoa bersama, kenangan-kenangan menghantarkan Vansa ini seperti terpampang di pelupuk mata. Anakku yang sangat saya cintai ini akan memasuki tahap baru dalam hidupnya. Baru terasa kemarin saya membimbingnya masuk untuk tes, hari ini saya mendoakannya untuk menyelesaikan sekolahnya.

Terbayang keseharian Vansa mempersiapkan sekolah. Vansa yang perfeksionis, Vansa yang penuh keteraturan, Vansa yang kadang sulit berkompromi, Vansa yang tekun, hari ini harus mempersiapkan diri memasuki jenjang yang lebih tinggi. Saat Vansa mendekat dan mohon doa: "ma...doain..." saya hanya bisa memeluknya, tak terasa airmata menetes. "anakku...dalam tiap helaan nafas mama selalu mendoakan mbak Aya...."

Rasanya tanggal 11-13 Mei sudah sangat dekat. Semoga Vansa mendapat hasil yang terbaik. Walau tentu rasa syukur dari hasil yang didapat. Nilai terakhir saat uji coba Dinas Depdikbud, Vansa mendapat nilai total 26,30 dengan nilai matematika 10.Sedangkan nilai tertinggi di Yogya 26,60.Artinya Vansa selisih 0,30 dari nilai tertinggi se DIY. Semoga pada saatnya UAN,Vansa bisa lebih meningkatkan hasilnya dari hasil yang ada. Amien.........Doa mama untuk mbak Aya......

2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.