Sabtu, 28 Februari 2009

OJEK GAYA YOGYA

Ini cerita beberapa waktu lalu. Biasanya saya ke kantor bawa kendaraan sendiri, entah motor atau mobil. Maklum jarak kantor ke rumah hanya 10 km (dibanding sebelumnya yang 58 km), jadi paling praktis bawa kendaraan sendiri.

Tapi kemarin, entah karena gak nyaman, dan muncul rasa malas, akhirnya minta keponakan antar ke kantor. Toh rasanya hari itu tidak ada acara keluar. Nanti pulangnya, minta dijemput lagi.
Tiba saat pulang, keponakan yang diharapkan bisa jemput masih tertidur. Alamaaak....kapan sampai ke kantornya??? Belum mandinya, belum siap-siap. Padahal hari itu ada janjian mau ketemu dengan teman plus mau belikan oleh-oleh saudara yang akan kembali ke Jakarta.

Waktu sangat mepet, karena yang mau dibeli sekeranjang besar salak pondoh, jika telat bisa-bisa pasar grosirnya tutup. Dan kalau beli eceran pasti lebih mahal. Belum lagi janjian teman yang hanya sesaat di Yogya.

Keluar kantor, jalan ke perempatan jalan nyari ojek. Ini pilihan satu-satunya. Dan harus "memilih" ojek yang agak gesit, biar bisa cepat sampai rumah. Ealah......ternyata "stok" ojek habis, tinggallah satu-satunya bapak-bapak tua sekitar 60 tahun. Yang ada di pikiran, hanyalah: yang ini atau nunggu yang akan datang. Tapi kapan ada ojek lagi, sementara waktu rasanya mepet banget.

Ya....udahlah, ini aja. Moga-moga tuanya bapak ini di bidang perojeka, jadi pasti lincah di jalan. Langsung tanya ongkos plus syarat: "harus cepat ya pak....". Dengan mantap si bapak jawab: "o...ngiiih".

Maka naiklah di ojek, tarikan pertama saya sudah tarik nafas. Masya Alllah.........pelan amat!!!! Tapi masih sabar-sabarin ati. Moga-moga nanti di jalan yang agak sepi,bisa lumayan cepat.
Aduuuh.............ternyata sama aja. Ojeknya teramat pelaaaan....pelaaaan....... Ada celah nyalip aja gak dipakai. Wah....rasanya saya pingin ambil alih motornya, biar bapak ini jadi penumpang deh. Tapi saya masih nyoba sabar..... Sambil sms teman dan saudara kalau saya masih dalam perjalanan pulang kantor.

Tapi rasanya bapak ojek ini sifatnya sangat sabar banget deh!!! Beda dengan ojek-ojek yang lain yang main slap-slip. Saya sudah sangat gelisah, nahan sabar karena khusus yang ini betul-betul di batas kesabaran saya. Biasanya kita yang ingatkan ojek untuk ngebut, khusus yang ini,kita yang ingin ngojeknya ngebut. Tapi kegelisahan saya tidak "terbaca" oleh si bapak.

Akhirnya gak tahan juga, saya langsung bilang dengan sedikit menggerutu (kalau sejak awal gak mampu ngebut, ya jangan mau waktu syarat pertama saya ajukan): "Pak....agak cepat dong.....saya keburu-buru nih". Ealah.....bukannya bapaknya tancap gas malah jawab: "Sabar bu......wong saya saja gak apa-apa tetap sabar kok!!!".

Wah....saya pingin marah, tapi hanya bisa senyum sendiri: Inilah ojek ala Yogya, alon-alon waton kelakon!!! hehe.... Sampai rumah, hanya masuk ambil kunci mobil trus byurrrrrr ngebuttttt, menggantikan waktu ojek yang pelan-pelan tadi; "Iya pak....bapak sih sabar dan gak apa-apa, tapi saya.....harus ngebut biar bisa selesai semua urusan" batin saya setelah saya di mobil. Dan jelas si bapak gak tahu karena sudah balik ke pangkalan ojek lagi.

Tidak ada komentar: