Senin, 15 Desember 2008

'PEMBUKTIAN' TERHADAP MANFAAT SILATURRAHMI


Hari Sabtu kemarin Vansa dalam perjalanan pulang jemput les sempat menanyakan apa manfaat dari silaturrahmi. Saya menjawab versi hadits, bahwa manfaat silaturrahmi al: memperbanyak rejeki dan memperpanjang umur.

Kemudian kami bercerita tentang hal-hal kecil yang penuh makna dari silaturrahmi jika itu tetap dijaga. Silaturrahmi saat sekarang juga jangan hanya diartikan sebagai bentuk face to face, tapi bisa juga sapaan-sapaan baik lewat telpon, surat maupun sms. Dengan silaturrahmi banyak manfaat yang bisa kita dapat.

Dan hari ini, pembuktian bahwa silaturrahmi itu memperpanjang umur terbukti, karena saat kami mendatangi mantan pembantu rumah tangga kami "mbak Katun" yang tinggal di Secang Magelang, kami (alhamdulillah) sempat bertemu dengan nenek mertua (mertua suaminya) "mas Imam" yang konon berusia 120 tahun.

Menurut mas Imam, tanpa kami tanyakan, bahwa mbahnya ini senang sekali bersilaturrahmi. Sering mendatangi keluarga maupun kenalan. Sampai masa tuanya ini, selalu menyuruh anak-anak dan cucunya rajin bersilaturrahmi dan penuh kasih dengan sesama.

Ditilik dari umur serta keadaan sekarang, si mbah masih cukup kelihatan "segar", penglihatan dan pendengangaran masih cukup jelas. Hanya daya ingat yang agak berkurang. Kepada kami juga si mbah masih sempat bercengkrama.Moga-moga dengan bertemu dengan si mbah, sebagai "pembuktian" secara langsung kepada anak-anakku (termasuk saya) bahwa manfaat silaturrahmi sebagai cara memperpanjang umur bisa kita tiru. Amien..........

Tidak ada komentar: