Sabtu, 17 Januari 2009

MANFAAT MENYIAPKAN KEPERLUAN "CADANGAN"


"Mama besok pak Yo ulang tahun, mbak Aya mau beri hadiah", semalam mbak Aya tiba-tiba mengajukan permintaan.
"Mau nyari apa sayang? Ini sudah malam"
"Terserah mama aja"

Hal mendadak begini sering sekali terjadi. Anak-anak minta pada malam hari, sedangkan besok pagi sudah harus dipergunakan. Alasannya macam-masam:lupa, atau baru tahu adalah alasan yang paling sering diutarakan.

Rasanya tak mungkin malam ini mencari di mall. Kalau mau berangkat sekarang, sampai mall sudah hampir tutup, atau paling-paling penjaganya sudah mau siap-siap tutup. Rasanya dalam waktu 30 menit, sulit utuk mencari sesuatu sebagai hadiah.

Yang terbersit saat itu adalah barang-barang papa yang belum dipakai. Sudah menjadi kebiasaan saya adalah menyiapkan kebutuhan mas Hudi, entah itu pakaian, kaos dalam, sapu tangan, dll, semuanya masih baru dan masih terbungkus plastik. Apa beri batik aja ya? Tapi batik-batik yang ada adalah batik-batik "sarimpit", batik untuk suami istri, sementara pak Yo tidak punya istri. Akhirnya pilihan jatuh ke dasi. Kebetulan masih ada beberapa dasi papa yang baru, belum pernah dipakai dan masih dalam plastik dasi.Dan bukan hanya mbak Aya yang ingin memberi hadiah dasi untuk pak Yo, kak Abil yang pernah menjadi murid pak Yo juga ingin memberi hadiah dasi. Maka akhirnya 2 dasi papa harus berpindah tangan. Walaupun begitu, papa masih punya 3 dasi yang belum dipakai. Hehe....kalau yang ini mungkin sudah tidak akan diberikan walau saat-saat mendesak.

Tidak ada komentar: