Sabtu, 17 Januari 2009

MEMBELI BUKU DI TOKO DISKON


Hari Sabtu hari buku. Ini karena kebiasaan anak-anak mencari buku bacaan di hari Sabtu, sebagai persiapan besoknya libur.
Anak-anak biasanya mencari buku di toko diskon yang menyebar seantero Yogya. Tapi yang paling sering di toko Toga Mas di ujung jalan Afandi (d/h jalan gejayan).

Kita memilih di toko Toga mas, selain karena harga buku yang didiscount sekitar 10-25% juga karena displaynya yang menarik. Tempatnya yang "aldes" (ala deso), dengan dinding yang terbuat bambu, kayu-kayu yang terekspos, membuat tempat ini berkesan akrab. Padahal fasilitasnya tak kalah dengan toko gramedia.

Pengunjung bisa mencari buku dengan panduan beberapa komputer yang tersedia, belum lagi tata letak buku yang memudahkan kita mencari. Dan jika hanya ingin baca-baca, juga terasa nyaman. Belum lagi penjaga toko-tokonya lumayan ramah dan sigap membantu jika kita perlukan.

Selain Toko Toga Mas, ada juga toko buku diskon yaitu "Social Agency". Dibanding Toga Mas yang hanya punya 2 outlet (Jalan Afandi dan Galeria Mall), Social Agency punya beberapa cabang. Di Jalan Afandi, Jln Solo, Jalan Kaliurang, Jalan Herman Yohanes dan di shoping.
Kami jarang ke social agency, karena koleksi buku cerita anak-anaknya tidak sebanyak dengan toga mas. Di social agency banyak tersedia buku-buku pelajaran. Mungkin target pangsa pasarnya memang mahasiswa dan pelajar.

Selain kedua toko itu, sebenarnya cikal bakal dari toko diskon adalah penual buku di shoping (orang Yogya biasa menyebutnya demikian)Disini semacam pasar buku, terdiri dari kios-kios kecil. Harga yang ditawarkan rata-rata semua didiskon.Tapi sebaiknya untuk bisa mendapatkan harga buku yang murah, kita harus tahu standar harga buku yang kita cari, dan harus mau tawar menawar.Jika tidak, alih-alih mendapat harga buku murah, justru bisa-bisa kita membeli dengan harga yang lebih mahal dibanding di toko. Belum lagi tempatnya yang tidak senyaman di toko. Tapi pilihan minggu ini memberi pengalaman ke mbak Aya untuk beli buku di shoping, maka Vansa harus mau mencari sendiri, menawar sendiri dan merasakan sedikit tidak nyaman dibanding membeli buku di toko yang biasanya dikunjungi.

Tidak ada komentar: