Minggu, 11 Januari 2009

KEMACETAN DI YOGYA SAAT LIBURAN



"Uuuuuuh................!!!! Begini nih Yogya kalau sudah musim liburan!!! Macet dengan kendaraan luar daerah. Udah gitu mobil orang Jakarta senangnya klakson melulu, tan...tin...., bikin sebel!!!!" ini omelan anak-anak jika musim liburan dan kita jalan-jalan menelusuri jalan-jalan di Yogya. Omelan yang dihasilkan dari pengalaman selama ini mereka hadapi.

Memang betul, jika ada libur long week end saja, Yogya kena imbasnya. Jalan-jalan di Yogya terasa padat, utamanya jalan-jalan yang memasuki obyek wisata.
Jalan Mangkubumi sebagai salah satu akses menuju jalan Malioboro macet mulai di depan KR. Alhasil kalau memang tidak punya niat ke Malioboro, atau jika dari arah samsat mau menuju ugm, ebih baik menghindari masuk lewat mangkubumi. Kita yang tak punya niat masuk Malioboro, hanya terjebak dengan arus angkutan ke Malioboro.

Bukan hanya Malioboro yang macet. Jalan ke gembiraloka juga padat, dan jalan-jalan di alun-alun utara maupun selatan.Jalan Mayor Suryotomo yang sehari-harinya sudah tersendat, akan lebih padat dan merayap jika memasuki musim liburan. Kita lebih baik menghindari jalan-jalan yang menuju tempat-tempat wisata, daripada waktu tempuh kita lebih lama. Lebih baik kita agak melingkar, tetapi lebih lancar, daripada kita memaksakan diri untuk mencari jalan terdekat tapi akhirnya terjebak kemacetan.

Ini bukan "omelan", karena kami yakin dibalik "derita" karena dimana-mana kena macet, tapi terselip juga kegembiraan bagi para pedagang yang dagangannya laris manis diborong turis-turis lokal. Selamat Datang di Yogya....dibalik kemacetan ada tersembul senyuman...

Tidak ada komentar: